Wednesday, June 16, 2010

Tentang Sitkom

Pernahkah kau melihat pola di balik berbagai tayangan komedi situasi? Meski tidak tepat sama, tapi seolah-oleh ada pola yang diikuti dalam pembuatannya. Coba lihat tiga komedi situasi berikut: The Big Bang Theory, How I Met Your Mother, dan Better Off Ted. 

Tentu saja batasan jumlah tokoh utama tidak bisa dielakkan. Bahkan di luar tiga judul yang disebut di atas, suatu sitkom/serial hanya akan memiliki tokoh penting sekitar lima atau enam. Dan sitkom tersebut jelas akan memiliki:

1. The Rulemaker.
Dengan penokohan yang eksentrik, tidak peduli apa kata orang, dan sering membuat anggota kelompok lainnya menghela nafas panjang. Di HIMYM, ada Barney Stinson yang selalu mengejar wanita; di TBB, ada Sheldon Cooper yang terlalu cerdas; dan di BOT ada Veronica Palmer yang memimpin dengan tangan besi. 
Mungkin bahkan bisa disebut bahwa tipe inilah yang menggerakkan unsur komedi dari sitkom tersebut melalui ide gila, syarat yang tidak beralasan, dan tindakan yang tidak masuk akal. 

2. The Sensible One
Ted Mosby, Ted Crisp, Leonard Hoffstader. Tokoh ini adalah tokoh yang kemungkinan besar paling mirip dengan pemirsanya. Sadar akan norma sosial tapi terjebak dengan si rulemaker, dan seringkali dibawa plot untuk terombang-ambing dengan..

3. The Pretty One
Di season pertama HIMYM, Ted Mosby langsung tergila-gila dengan Robin Scherbatsky, seperti Leonard pada Penny di TBB. Dari season pertama BOT, Linda Zwordling mulai merasa ada yang istimewa dengan hubungannya dengan Ted Crisp. Terakhir di bagian grup itu, ada:

4. The Couple. 
Tidak selalu pasangan romantis seperti Lily dan Marshall di HIMYM, tapi bisa juga seperti Phil dan Lam di BOT, yang sering bersama-sama menjadi obyek teror Veronica. Di TBB jelas ada Raj dan Howard. 

Kita tertawa dan terhibur atas kesialan mereka, dan kadang terinspirasi. Kadang pula kita melihat beberapa teman kita dalam tokoh-tokoh yang ditampilkan para aktornya. Lalu apakah art imitates life? 

No comments: